Rabu, 09 Agustus 2017

Panduan Cara Mudah Membuat Power Bank dari Batre Laptop Bekas

Membuat Powerbank Sendiri

Sebagian besar pemilik HP atau Smartphone tentu selalu bawa powerbank kemana-mana. Tujuannya agar tidak kehabiasan baterai smartphone saat melancong. Powerbank menolong untuk isi daya HP atau smartphone kita. Umumnya dari yang memiliki smartphone memilih untuk beli pengisi daya baterai (powerbank) di toko smartphone. Harga nya pun sesuai dengan kemampuan powerbank.

Semakin besar kemampuan daya listriknya, maka semakin mahal harga nya. Namun, nyatanya kita dapat buat sendiri powerbank untuk HP atau smartphone kita. Berbahan pun mudah diketemukan, yakni baterai sisa laptop, dan sedikit perlakuan. Jadi ngapain beli powerbank, bila kita dapat membuatnya sendiri dari barang sisa. Murah dan efektif.

Untuk cara membuat power bank dari charger hp sendiri, beberapa bahan yang dipakai yakni baterai laptop sisa (laptop yang telah rusak, namun baterainya masih tetap bagus), kabel seperlunya, isolasi, lem, port USB (dapat didapat dari kabel USB atau charger rusak), kabel USB yang sesuai sama HP atau Smartphone yang akan dicharge.

cara membuat power bank kapasitas besar :

  1. Buka baterai laptop sisa, di dalamnya terbagi dalam 8 buah baterai kecil yang semasing baterai memiliki tegangan listrik 4 volt. Untuk buat powerbank, sesuai saja besaran kemampuan. Dapat pakai dua, empat, atau bahkan juga delapan baterai sekaligus (sesuai keperluan) 
  2. Dalam tutorial ini hanya dipakai 4 baterai saja untuk hasilkan daya 2000 mAh. 4 baterai ini lalu sama-sama direkatkan lalu dirangkai lewat cara disolder untuk menghubungkan kutub-kutub negatif dan positif pada baterai hingga hasilkan baterai yang menyatu. 
  3. Setelah terangkai dan hasilkan listrik 2000 mAh (dibuktikan dengan tes gunakan AVO mtr.), maka tinggal disambungkan kabel port USB, lewat cara menghubungkan kabel negatif dengan kutub negatif baterai, dan kabel positif USB pada kutub positif baterai.
  4. Powerbank telah siap dipakai. (bagian kepala powerbank ada dua port, satu untuk pengisian daya powerbank, dan satu port untuk disambungkan ke HP atau smartphone).

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar